Sabtu, 01 November 2014

Tumpeng

Happy Saturday all... Harusnya sabtu gini lazy time bwat saya, tapi kali ini kami se-pabrik diwajibkan masuk T_T Gara-garanya tanggal 2 Januari 2015 besok pabrik libur bwat cuti bersama tahun baru, sebagai hari penggantinya, hari ini kami wajib masuk. Untungnya masuk hari ini diitung lembur (asikk... bisa nambah tabungan :D)

picture was copied from google

Lha terus judulnya kok tumpeng? Piye to. Ceritanya tiap akhir bulan kan di kantor saya ada perayaan ultah bwat member yang ultah di bulan tersebut. Nah saya inilah yang bertugas ngurusi acara perayaan ultah. Otomatis tiap bulan saya ngurusi makanan n dekor bwat perayaan itu. Biar menunya gak monoton, tiap bulan pesen makanannya harus ganti2 dong. Ini menuntut saya bwat rajin makan n njajan di sekitaran Cikarang (bwat referensi pesen makanan :D) 

Nah, kemarin itu kami pesen tumpeng bwat perayaan ultah Oktober (termasuk saya yang ultah :) Karena pesen tumpeng inilah saya jadi ingat ibu di Malang. Kok gitu? Jadi gini ceritanya, ibu saya sebelum menggeluti usaha yang sekarang, dulunya ibu pernah jualan tumpeng (selain pernah jualan jamu n krupuk buah)  

Bwat menambah penghasilan keluarga kami yang big family ini, selain sebagai ibu rumah tangga, ibu juga punya usaha walopun kecil-kecilan. Saya inget dulu sama mbak n Bapak nyebar kertas selebaran ke rumah2 di sekitar Malang bwat ngenalin usaha ibu ini (bahasa kerennya marketing). Trus kalo pas ibu dapet orderan tumpeng ini, saya sama mbak yang bagian potong2 semua bahan masakan sebelum dimasak sama ibu. Bapak kan kerja di kantor, jadi saya sama mbak yang bantu ibu di rumah (selain ngasuh adek2 yang masih kecil saat itu)

picture was copied from google

Tumpeng yang dibuat ibu ada macem2 jenisnya, tentunya bentuk tumpeng juga disesuaikan sama permintaan si pemesan. Jadi, ada tu yang sampe pesen tumpeng 3 tingkat, saya lupa bwat acara apa. Saya seneng banget pas bagian bikin hiasan bwat tumpeng, macam timun diiris sisik2, tomat n cabe yang dibuat garnish dll. Bebas berkreasi pokoknya :D Kalo dah selese dihias, giliran Bapak sama mbak yang nganter tumpeng ini ke rumah pemesan. Sisa masakan dari lauk tumpeng ini biasanya bwat kami makan sekeluarga, hehe...

Tapi usaha ibu jualan tumpeng ini gak bertahan lama karena saya sama mbak lebih fokus ke sekolah n ibu makin sibuk ngurus adek2, kami gak ada ART saat itu. Padahal udah lumayan saat itu jumlah pemesannya. Nah herannya, walopun ibu saya mantan penjual tumpeng saya kok gak jago masak ya? Hilang kemanakah bakat memasak dari ibu saya? Mungkin karena pas di Malang kami kebiasaan dimasakkan ibu setiap hari, jadi terlanjur males masak, hehehe... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar