Selasa, 08 April 2014

Refreshing ke Medan(3)

Menyambung post yang kemarin, kali ini catper pas jalan2 ke Medan hari ke-3 atau hari terakhir. Setelah hari pertama n kedua kami jalan2 ke wisata alamnya, hari terakhir kami mau meng-explore Medan kotanya. Here we go...

Tujuan pertama kami saat itu adalah ke Istana Maimun. Karena Istana Maimun ini lokasinya dekat sama hotel tempat kami menginap, jadi kami kesananya jalan kaki aja. Sebelum kesana, kami sempet sarapan di daerah pasar dekat Istana Maimun. Istana ini nuansanya kuning emas kehijauan, terpengaruh kuat sama kebudayaan Melayu. 

itu Istana Maimun kalo dari samping

dalemnya istana

Setelah dari Istana Maimun, kami langsung meluncur ke Mansion Tjong A Fie di daerah Kesawan naik angkot. Di sini kita banyak belajar tentang riwayat hidup Tjong A Fie yang merupakan peranakan Cina pribumi. Beliau salah 1 tokoh yang berpengaruh di Medan pada jaman dahulu.

itu tampak depan bangunannya

ini ruang makan keluarga Tjong A Fie

ini tempat sembahyang keluarga Tjong A Fie

meja telponnya Tjong A Fie

kamar tidurnya

tempat meeting

Mansion ini luas banget, bagus bwat poto2 sama belajar sejarah Medan tempo dulu. Pas lagi jalan2 kesini aku jadi mbayangin kayak di rumah warga Cina jaman dulu, etnik gitu. Kalo temen2 pada penasaran, dateng aja langsung ke Mansion Tjong A Fie, di daerah Kesawan, Kota Medan. Waktu itu 2012 akhir HTM-nya Rp 35.000,00. Gak bakal nyesel deh.

Setelah puas dari Mansion Tjong A Fie kami solat n leyeh2 sebentar di Masjid Raya Medan. Dari Masjid Raya, perjalanan kami lanjutkan ke USU naik angkot bwat nyobain es durian yang terkenal itu.

ini ni si es alpukat durian, enak tenan....

Kelar nyobain es durian kami langsung ngangkot lagi, mau nyobain mi aceh yang terkenal di Medan, dimana lagi kalo bukan Mi Aceh Titi Bobrok. Gosip terbaru ni, Mi Aceh Titi Bobrok katanya dah buka cabang di Jakarta.

mi aceh goreng kepiting, maknyus

Habis kenyang isi perut, kami ngangkot lagi bwat beli oleh2 khas Medan di Jl. Majapahit. Jadi sepanjang Jalan Majapahit ini banyak toko oleh2 makanan khas Medan macam Bika Ambon Zulaikha, Bolu Meranti, Pancake Durian dll. Setelah puas beli oleh2, kami langsung ke Polonia, mau flight balik ke Cikarang. Bye bye Medan, doakan aku balik lagi ya ^_^ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar